Grosir Baju Batik Modern

Kamis, 30 Oktober 2014
IKLAN
Seni dekorasi kain dengan menggunakan lilin dan pewarna merupakan tradisi kuno dan telah ditemukan di banyak bagian dunia. Namun, perkembangan dari teknik ke bentuk yang sangat canggih dan rumit yang dikenal sebagai baju batik pertama terjadi di Pulau Jawa, terutama di dan sekitar kota-kota kerajaan Yogyakarta dan Surakarta (biasanya dikenal sebagai Solo). Ada tradisi pembuatan batik di berbagai daerah di Indonesia dan lebih jauh, tapi batik Jawa adalah contoh klasik dari formulir.

Tertua pembuatan batik tradisi di Jawa berasal dari keraton (kerajaan) dari kota-kota Yogyakarta dan Solo di Jawa Tengah. Royalti Jawa yang pelanggan besar seni, termasuk boneka, orkestra gamelan, perak, dan produksi batik. Pola-pola tertentu yang disediakan untuk keluarga kerajaan, dan batik memainkan peran penting dalam budaya dan tradisi Jawa. Batik dari Yogyakarta tradisional menggunakan warna seperti hitam, coklat, nila dan kuning gelap, pada latar belakang putih, sedangkan batik dari Solo fitur kuning gelap seperti warna latar belakang. Pengadilan kerajaan kedua kota masih pabrik rumah untuk produksi batik tradisional, dan pasar tuan rumah di mana batik halus dapat dibeli.

Warna-warna yang digunakan dalam batik tradisional adalah mereka dari pewarna alami tapi pengrajin terampil mampu mencampur pewarna hati-hati untuk menghasilkan variasi halus. Naungan warna tergantung pada berapa lama kain itu dicelupkan ke dalam pewarna. Banyak dari pola klasik terkait dengan batik Indonesia berasal dari batik yang diproduksi di keraton Jawa. Ada dua jenis utama dari pola yang digunakan: geometris, dan bentuk-bebas desain yang biasanya penggambaran bergaya alam, seperti daun atau gelombang. Mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim dan Islam melarang penggambaran yang akurat dari orang atau hewan. Pola geometris yang paling umum digunakan adalah kawung, serangkaian memotong lingkaran yang mungkin mewakili buah aren; parang, baris diagonal pisau-seperti pola berulang, bergantian dalam warna; dan ceplok yang merupakan nama yang diberikan untuk pola yang terbuat dari bentuk geometris. The kawung dan parang desain awalnya disediakan untuk pengadilan kerajaan Solo dan Yogyakarta.

Pantai utara Jawa yang lebih terbuka untuk pengaruh asing melalui perdagangan maritim, terutama dari Cina. Batik yang dihasilkan di daerah ini dikenal sebagai Pesisir (pesisir) batik, dan ditandai oleh warna-warna cerah cerah dan penggunaan motif-dipengaruhi Cina seperti naga, phoenix, teratai dan bunga. Gaya yang berbeda dari batik Pesisir diproduksi di Cirebon, sering menampilkan pola awan; Madura (sebuah pulau di lepas pantai Jawa), yang menggunakan warna-warna cerah yang mendalam seperti merah dan hijau, dan tombak-seperti motif; dan Pekalongan, pusat masih berkembang dari produksi batik Pesisir, yang menghasilkan batik dengan warna cerah menggunakan motif floral menunjukkan pengaruh Cina dan Belanda.

Jawa Barat juga terkenal untuk produksi batik, dengan beberapa gaya yang berbeda. Daerah ini adalah rumah bagi masyarakat Sunda. Batik Sunda menggunakan pola naturalistik seperti bunga, tanaman, burung dan kupu-kupu. Pusat-pusat produksi tradisional untuk batik Sunda mencakup Ciamis, menampilkan desain sederhana dalam warna hitam, putih, dan kuning gelap; kota kecil Garut, yang memproduksi batik tradisional Jawa dalam warna berbeda seperti merah tua, hijau tua dan ungu pada latar belakang gading; dan wilayah Banten di sudut barat laut Jawa, ditandai dengan warna pastel. Pendudukan Jepang di Jawa pada Perang Dunia II terinspirasi gaya yang dikenal sebagai Jawa Hokokai batik yang terkenal untuk detail rumit dan motif Jepang terinspirasi seperti bunga sakura, kupu-kupu, dan krisan. Java Hokokai batik biasanya disertakan dua desain terpisah pada salah satu bagian kain: warisan kelangkaan perang.

Pulau Sumatera juga rumah bagi produksi batik. Provinsi pesisir timur Jambi memiliki hubungan perdagangan kuno dengan pantai utara Jawa dan menghasilkan gaya yang mirip dengan batik Pesisir. Orang-orang Minangkabau dari dataran tinggi Sumatera Barat menggunakan tanah liat sebagai pewarna untuk kain, yang sering fitur hanya dua warna dan tema bunga. Batik dari provinsi kukuh Islam Aceh di ujung utara Sumatera fitur penggambaran sangat bergaya flora dan fauna dan bentuk geometris sejalan dengan prinsip-prinsip agama, dan warna-warna cerah seperti merah muda dan merah digunakan.

Produksi batik diperkenalkan ke Bali jauh lebih baru daripada di daerah lain di Indonesia, terutama dalam menanggapi tuntutan industri pariwisata. Pengrajin batik Bali sering menggabungkan metode wax-resist batik tradisional dengan teknik tie-dye lokal yang dikenal sebagai ikat, yang memungkinkan untuk penggunaan shading halus warna.

Bidang utama untuk produksi batik di Malaysia berada di pantai timur semenanjung Melayu dan di provinsi selatan Johor. Pembuatan batik tradisi yang paling mungkin dibawa ke Malaysia oleh para pelaut dan pedagang, dan kemudian oleh Jawa dan Sumatera imigran. Batik Malaysia menunjukkan pengaruh dari kedua Jawa kraton batik dan gaya Pesisir Jambi. Namun, pengrajin Malaysia cenderung menggunakan tjanting untuk menerapkan lilin; bukannya lukisan kuas digunakan untuk membuat desain pada kain dan menambahkan warna. Ini, dikombinasikan dengan penggunaan warna yang lebih ringan dan lebih bersemangat membuat untuk keberangkatan berbeda dari batik tradisional Indonesia. Pengaruh Islam di Malaysia berarti bahwa motif seperti daun dan bunga mendominasi, bersama dengan bentuk-bentuk geometris, termasuk spiral. Batik (sering dimodernisasi dan berubah menjadi item fashion tinggi) menjadi bagian yang semakin penting dari identitas budaya Malaysia dan gencar dipromosikan oleh pemerintah.

Penggunaan metode dye-resist di Cina tanggal kembali ke abad keenam. Batik masih dibuat di Provinsi Guizhou, di selatan-barat, oleh kelompok etnis Miao, Bouyei dan Gejia, terutama untuk kostum tradisional. Pola yang diambil menggunakan alat serupa untuk tjanting, di kain putih yang kemudian dicelup biru atau nila. Batik Guizhou tradisional hanya biru / nila dan putih, dan menggunakan desain spiral melambangkan tanduk kerbau, meskipun selama berabad-abad desain lain seperti bunga, kupu-kupu dan naga, dan berbagai besar warna telah diperkenalkan.

Di republik Asia Tengah Azerbaijan, metode batik gaya digunakan untuk membuat dan menghias jilbab sutra perempuan, dikenal secara lokal sebagai kelagai. Bentuk seni mati ketika negara berada di bawah pendudukan Soviet tetapi dihidupkan kembali setelah kemerdekaan pada tahun 1991, dan menjadi semakin populer sebagai simbol identitas nasional dan sebagai fashion item.

Ada tradisi kuno di banyak bagian sub-Sahara Afrika menggunakan metode menolak untuk pencelupan kain: seperti orang Yoruba dari Afrika Barat yang menggunakan pasta ubi kayu untuk menggambar desain, baik gratis-tangan atau dengan stensil. Pada abad ke-19, para pedagang Belanda dan administrator kolonial memperkenalkan metode lilin Jawa, dan itu cepat disesuaikan dengan desain Afrika dan skema warna.



Metode tradisional memproduksi batik masih hidup dan baik di banyak bagian dunia. Namun, desainer busana kontemporer semakin beralih ke batik sebagai inspirasi dan sebagai alat produksi. Sebagian besar batik modern ini menarik inspirasi dari tradisi tetapi menggunakan motif yang berbeda, warna, jenis lilin, dan metode eksperimental lainnya, seperti desain dibantu komputer. Selain kain dan pakaian, batik digunakan sebagai media seni, furnitur, dan keramik, yang seharusnya membantu memperluas pengaruhnya di dunia modern sebagai bentuk seni yang indah dan dapat diakses yang tersambung dengan benar ke masa lalu tetapi tetap mempertahankan memotong relevansi -

bisa kunjungi : http://bajutikkita.blogspot.com/

0 Responses to “Grosir Baju Batik Modern”

Posting Komentar